102

RS UPT Vertikal Katastropik Terbesar di Indonesia Mulai Dibangun

PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) dan PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (WEGE) KSO secara resmi telah memulai pengerjaan konstruksi pembangunan Rumah Sakit Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Vertikal Surabaya yang berlokasi di Jalan Indrapura, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

Dimulainya pembangunan ini ditandai secara simbolis melalui prosesi peletakan batu pertama atau groundbreaking yang dilakukan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi didampingi Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur Emil Elestianto Dardak dan Plt. Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan, drg. Murti Utami pada Rabu, 9 November 2022.

Pekerjaan proyek senilai Rp 1,49 triliun ini dipercayakan kepada WIKA-WEGE KSO sebagai kontraktor terpilih melalui penandatanganan kontrak bersama Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang dilakukan pada 27 Oktober 2022 lalu.

Adapun lingkup pekerjaan yang dilakukan WIKA-WEGE KSO dalam proyek ini meliputi struktur, arsitektur, mechanical electrical & plumbing (MEP), dan infrastruktur.

Guna mempercepat pelaksanaan pembangunan, WIKA-WEGE KSO akan menerapkan beberapa inovasi seperti Value Engineering (VE) dan inovasi Building Information Modelling (BIM) pada pekerjaan struktur.

Gedung RS UPT Vertikal rencananya akan memiliki empat tower yang terdiri atas Tower A sebagai Medical Center, Tower B untuk Spesialis Jantung, Tower C untuk Spesialis Otak, dan Tower D untuk Spesialis Kanker.

Pasalnya, RS UPT Vertikal nantinya akan diarahkan menjadi rumah sakit pusat layanan unggulan (center of excellence) yang disiapkan untuk memberikan layanan spesialistik dan sub spesialistik terhadap tiga penyakit penyebab kematian tertinggi di Indonesia seperti kanker, stroke dan jantung.

Sehingga, RS UPT Vertikal Surabaya diklaim akan menjadi RS UPT Vertikal Katastropik pertama dan terbesar di Indonesia yang dibangun di atas lahan seluas 5,2 Ha dengan target rampung dalam kurun waktu 660 hari.

Sebelumnya, Sekretaris Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan, Azhar Jaya menyampaikan bahwa pembangunan proyek ini merupakan wujud transformasi layanan kesehatan dan mendukung program Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes) dalam mempercepat pemerataan pelayanan Rumah Sakit.

Dengan rekam jejak Wijaya Karya disertai dengan kompetensi anak usahanya WEGE pada proyek Bangunan Gedung, Direktur Operasi III WIKA Rudy Hartono yakin proyek RS UPT Vertikal Surabaya akan selesai dengan mutu yang baik.

Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak yang juga turut hadir dalam acara tersebut menyampaikan apresiasinya atas pembangunan rumah sakit yang dilandasi spirit bersama untuk menyelamatkan masyarakat di tengah pandemi.

Emil berharap kehadiran RS UPT Vertikal ini akan menjadi newcomer dari 408 rumah sakit yang tersebar di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur.