102

Sirkuit Mandalika Dilengkapi Modular Pit Building Raih Rekor MURI

Presiden RI Joko Widodo meresmikan Pertamina Mandalika International Street Circuit yang terletak di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (12/11/2021).  Sirkuit Mandalika, Lombok bakal melakukan debut menggelar event balap pembalap muda bertajuk, Asia Talent Cup (ATC) 2021. Sirkuit Mandalika turut jadi tuan rumah seri terakhir World Superbike (WSBK) Indonesia pada 19-21 November 2021.

Khusus di Sirkuit internasional ini, dilengkapi dengan Modular Pit Building yang dibangun oleh PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (WEGE) sebagai fasilitas pembalap dan official team yang akan berlaga.

Modular Pit Building sepanjang 350 meter dengan kapasitas 50 garasi dibangun dengan sistem modular yang terdiri dari tiga lantai, masing-masing garasi memiliki lebar 5,24 meter dengan panjang 18,34 meter dan dibangun dengan luas bangunan ± 13.700 meter persegi.

Modular Pit Building ini terdiri dari tiga lantai. Lantai dasar merupakan garasi yang digunakan para pebalap dan teknisi tim, sedangkan lantai dua merupakan area podium, tribun penonton VVIP dan media center. Sedangkan lantai tiga Pit Building khusus untuk fasilitas-fasilitas pendukung lainnya.

MURI Apresiasi Modular Pit Building Sirkuit Mandalika

Sejalan dengan peresmian oleh Presiden RI, Modular Bit Building yang dibangun WEGE mendapat apresiasi dari Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) atas Pembangunan Gedung Pit Sistem Modular Tercepat di Sirkuit Bertaraf International.

Bapak Yusuf Ngadri selaku Senior Manager MURI mengatakan “Pembangunan Pit Building di Pertamina Mandalika International Street Sircuit yang berada di kawasan destinasi pariwisata prioritas tersebut  menggunakan metode konstruksi modular dimana WEGE selaku pionir konstruksi modular berhasil merampungkan pembangunan. Sebanyak 888 modul terpasang dalam kurun waktu 21 hari, lebih cepat dari rekor pemasangan modular di RS Covid modular sebelumnya.