PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk. (WEGE) mengadakan bazar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pada tanggal 21-22 Agustus 2023 di WIKA Tower Lt. 11. Bazar tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78. Tujuannya adalah untuk memajukan UMKM di Indonesia dan memperkenalkan produk-produk mereka secara digital.
Dalam sambutannya, Direktur Operasi II WEGE, Akhmadi Tricahyono, menekankan bahwa kegiatan ini sejalan dengan Peraturan Menteri BUMN RI Nomor PER-1/MBU/03/2023 tentang Penugasan Khusus dan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan BUMN. Salah satu program yang ditekankan dalam peraturan ini adalah Program Pembinaan UMKM. Beliau berpendapat bahwa dengan sinergi yang kuat, UMKM dapat menjadi motor penggerak ekonomi nasional dan menciptakan lapangan kerja yang lebih luas.
Bazar ini adalah bagian dari program CSR WEGE dalam pemberdayaan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah. Melibatkan sekitar 40 tenant dari berbagai bidang usaha seperti kuliner, fesyen, dan handicraft. Selain itu, kegiatan ini juga menghadirkan narasumber yang berbagi pengalaman dalam berjualan secara daring dan pengembangan bisnis melalui penerapan teknologi dan platform e-commerce.
Pada hari pertama, diselenggarakan Mini Talk Show dengan topik strategi berjualan daring yang diwakili oleh kampus UMKM Shopee. Sesi success story juga diberikan oleh pelaku UMKM produk sambal "Soutaste" yang menceritakan perjalanan merintis produk mereka.
Pada hari kedua, diawali dengan sesi success story dari Ibu Vera Lesmana dari "Vebe's Terrace" yang berbagi pengalaman dalam merintis usaha hingga berhasil mempekerjakan beberapa orang dalam memproduksi. Dilanjutkan dengan Mini Talk Show yang membahas Optimalisasi Digital UMKM oleh Asep Taryana, seorang Praktisi Bisnis dari Sekolah Bisnis IPB. Hal ini menggambarkan perkembangan UMKM melalui platform digital.
Salah satu peserta Bazar Merah Putih, Elora Ramadhany, pemilik jenama fesyen "Lucudipandang", mengucapkan terima kasih kepada WIKA Gedung atas upayanya dalam memfasilitasi kegiatan ini, yang memberikan dampak positif dalam meningkatkan brand awareness dan mewujudkan UMKM yang berkualitas dan naik kelas.
Selain acara utama, para tenant UMKM juga diberi kesempatan untuk mempromosikan produk mereka melalui kanal media sosial perusahaan serta berkolaborasi dengan konten kreator. Dari 40 tenant yang berpartisipasi, terdapat tiga tenant yang berhasil meraih penjualan tertinggi, yaitu "Dapur Uni Mia", "Syamsmoothies", dan "Swara Hijau Farm". Ketiga tenant tersebut menawarkan berbagai produk seperti makanan utama, dessert tanpa gula, dan sayur mayur dan buah-buahan hidroponik.
Bazar Merah Putih ini adalah langkah nyata PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk. dalam mendukung dan memajukan UMKM di Indonesia. Melalui kegiatan ini, diharapkan UMKM dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi nyata bagi perekonomian negara.