Sambutan Direktur Utama

"Tahun 2020 kembali menjadi tahun pencapaian positif bagi PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk meskipun tantangan terus datang seiring pandemi COVID-19 yang melanda dan berdampak pada berbagai aspek kesehatan, kemanusiaan, sosial, dan ekonomi."

Para pemegang saham dan pemangku kepentingan yang terhormat,

Ekonomi global tahun 2020 dihadapkan pada sejumlah tantangan yang berbeda dari krisis-krisis sebelumnya. Krisis yang bermula dari krisis kesehatan akibat pandemi COVID-19 dengan cepat berkembang menjadi krisis ekonomi akibat kebijakan pembatasan mobilitas masyarakat di berbagai negara untuk mengurangi penyebaran COVID-19. Pembatasan mobilitas masyarakat berdampak pada penurunan tajam aktivitas ekonomi global baik konsumsi, produksi, perdagangan barang dan jasa, maupun investasi. Ketidakpastian penanganan pandemi dan proyeksi menurunnya kinerja ekonomi menimbulkan tekanan pada stabilitas sistem keuangan global. Investor menjadi lebih berhati-hati dan mengalihkan investasinya kepada aset-aset keuangan yang lebih aman, seperti surat utang pemerintah AS dan Jepang, serta komoditas emas. Ini mendorong terjadinya aliran modal keluar dari negara berkembang, dan menimbulkan gejolak nilai tukar serta tekanan pada cadangan devisa. COVID-19 juga menekan kinerja korporasi, khususnya UMKM dan rumah tangga, yang memperburuk gejolak di sistem keuangan.

Dalam menjalankan usahanya, Perusahaan memiliki beberapa strategi utama yang telah diimplementasikan dengan baik di 2020, yaitu: Strategi operasional, yang meliputi: World class standard in QSHE implementation and focus on Quality & SafetyHuman Capital Development,  Implementasi BIM, Cost Effisiency by Supply Chain Management (SCM) dan Manajemen Alat. Strategi pemasaran yang meliputi: Masuk pasar premium, KPBU (Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha) dan konsesi lainnya, Modularisasi dan Design and Build. Strategi keuangan, yaitu: Selektif dalam pemilihan pelanggan/partner yang memenuhi kriteria bankable. Strategi pengembangan usaha, yang meliputi: Pengembangan usaha backward 2020 melalui bisnis industri pracetak dan modular dan Pengembangan usaha forward 2020 melalui bisnis konsesi.

Secara keseluruhan, Perusahaan berhasil merealisasikan kinerja positif terhadap target 2020. Kinerja ini dapat dilihat melalui realisasi Kontrak Dihadapi di tahun 2020 sebesar Rp14,41 trilliun atau 98,67% dari rencana sebesar Rp14,61 triliun. Realisasi Kontrak Dihadapi terdiri dari kontrak bawaan (Carry Over) tahun sebelumnya sebesar Rp11,38 triliun dan Kontrak Baru sebesar Rp3,04 triliun di mana pencapaian Kontrak Baru tersebut lebih rendah dari tahun 2019 sebesar Rp9,71 triliun.

Pendapatan dibukukan sebesar Rp2,81 triliun dengan pencapaian laba bersih sebesar Rp156,35 miliar atau tercapai 112,88% dari target 2020 sebesar Rp138,51 miliar. Beberapa kontrak baru yang menjadi sorotan kinerja Perusahaan di tahun 2020 antara lain mencakup pengerjaan berbagai proyek Rumah Sakit COVID-19 dengan total nilai kontrak sekitar Rp600 miliar.

Perusahaan senantiasa memprioritaskan praktik tata kelola perusahaan yang baik (GCG) untuk mewujudkan sistem pengelolaan yang mendukung terciptanya keberhasilan usaha dan akuntabilitas. Untuk itu, Perusahaan senantiasa meningkatkan implementasinya demi mencapai hasil yang optimal. Adapun beberapa hal yang telah dilaksanakan untuk peningkatan Tata Kelola Perusahaan di tahun 2020 adalah:

1. Melaksanakan penilaian GCG Tahun Buku 2019 secara self-assesment dan menindaklanjuti Area of Improvement.
2. Melaksanakan RUPS Tahunan Tahun Buku 2019 dan RUPS Luar Biasa Tahun 2020.
3. Menyusun dan mengesahkan Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan.
4. Menyusun Laporan Keuangan dan Laporan Tahunan.
5. Melaksanakan dan menyusun Risalah terkait Rapat Direksi Manajemen (Radirman), Rapat Direksi Khusus (Radirsus), dan Rapat Komisaris Direksi (Rakomdir).
6. Melaksanakan program CSR Perusahaan.
7. Mengimplementasikan prinsip tata kelola perusahan dengan baik berdasarkan prinsip Transparansi, Akuntabilitas, Responsibilitas, Independensi, dan Kewajaran.

Kami mewakili Direksi ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada para Pemegang Saham, Dewan Komisaris, serta seluruh pemangku kepentingan atas dukungan dan kepercayaan yang telah diberikan. Semoga pertumbuhan berkelanjutan yang kita cita-citakan bersama akan selalu mendorong semangat untuk meraih keunggulan di tahun-tahun mendatang.