102

Terpanjang di Asia, Lifting Atap Stadion Proyek JIS Memiliki Berat 3.900 Ton

PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (WEGE KSO), pada Rabu (16/6) melakukan Lifting Atap Stadion Proyek Jakarta International Stadion (JIS) seberat 3.900 ton yang merupakan Lifting terberat dengan Bentang lifting terpanjang di Asia. Pekerjaan Lifting sendiri telah dimulai Selasa, (15/6) dan direncanakan selesai pada, Kamis (17/6).

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Walikota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim, Direktur Utama PT Jakarta Propertindo Dwi Wahyu Daryoto, Direktur Operasi Bidang Gedung PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk Anton Satyo Hendriatmo, Direktur Utama PT Wijaya Karya (Persero) Tbk Agung Budi Waskito, Direktur Utama PT Jaya Konstruksi Sutopo Kristanto, Direktur Utama PT Wijaya Karya Industri Konstruksi (WIKON) Dwi Johardian dan dari WEGE turut hadir Direktur Utama Nariman Prasetyo, Direktur Operasi I Bagus Tri Setyanandan Direktur QHSE & Pemasaran Yulianto.

Gubernur Anies Baswedan membeberkan, metode lifting ini menggunakan hidrolic jack, ada 16 titik yang mengangkat secara bersamaan. "3.900 ton sama dengan mengangkat 2.430 mobil Inova dengan ketinggian 70 meter. Ini menjadi satu-satunya di Asia yang melakukan pengangkatan atap sebesar dan sekompleks ini," kata Anies, seperti dilansir dari siaran pers, Rabu (16/6).

Direktur Utama WEGE, Nariman Prasetyo menambahkan, kecermatan menjadi faktor penting dalam pengangkatan.“Kecermatan pengangkatan rangka utama atap menjadi perhatian serius dengan mempertimbangkan sejumlah disiplin ilmu, tak hanya dari sisi konstruksi tapi juga terkait faktor alam atau cuaca,” Kata Nariman.

Nariman mengungkapkan, pemasangan atap ini mempertimbangkan faktor cuaca seperti hujan dan kecepatan angin."Mengingat ketinggiannya bila diukur dari tanah mencapai 70 meter atau setara gedung 25 lantai,” jelasnya.

Saat proses Lifting, Struktur atap dihubungkan dengan delapan pilar utama "Pier Head" untuk kemudian diangkat dengan alat bantu untuk mengangkat rangka utama atap, yakni menggunakan dongkrak hidraulik (Hydraulic Jack). Proses lifting dengan menggunakan hydraulic strand jack dan lifting frame yang telah dipasang di Pier Head kolom utama. Pengangkatan atap menggunakan 16 buah hydraulic strand jack yang dilengkapi dengan 18 dan 30 kabel hydraulic strand untuk setiap hydraulic strand jack-nya, dengan kapasitas setiap hydraulic strand jack mencapai 550 ton. Setiap kolom utama dipasang 2 buah hydraulic strand jack.

Adapun komposisi rangka atap baja terdiri atas rangka utama dan pengisi rangka utama mencapai tonase 3.900 ton dengan bentang mencapai 269 meter. Struktur atap tersebut nantinya juga akan dilengkapi dengan mekanisme untuk buka tutup atap stadion.

Sebelumnya pada Jumat, 4 Juni dan 10 Juni 2021 lalu, WEGE KSO telah melakukan uji coba Pra lifting dan berjalan lancar. Saat proses Pra-Lifting atap stadion diangkat 5 sentimeter lalu dilakukan pekerjaan Stressing Presetressed Cable sembari memeriksa aspek kualitas dan kemanan struktur atap stadion. Di hari berikutnya, di tanggal 10 Juni 2021 berhasil diangkat setinggi 1 meter, kemudian dilakukan evaluasi selama 1x24 jam.